Banyak
pelaku UKM datang serta bertanya tentang strategi marketing apa yang
paling efektif untuk meningkatkan kinerja bisnisnya. Sebagian besar dari
mereka memiliki pemahaman bahwa marketing adalah jualan, padahal
marketing belum tentu jualan. Sebagian lainnya tidak melakukan strategi
marketing, karena mereka beranggapan bahwa konsumen akan datang dengan
sendiri tanpa kita harus melakukan strategi marketing. Nah, perlu
diketahui bahwa strategi marketing bukan hanya tentang jualan, marketing
merupakan konsep strategi menyeluruh untuk memenangkan hati konsumen
dan memenangkan persaingan pasar. Berbicara tentang marketing, berikut
ini adalah beberapa poin tentang pentingnya strategi marketing untuk
bisnis kita:
1.
Marketing berfungsi untuk mengkomunikasikan informasi produk kita ke
konsumen. Marketing berperan `central` untuk membangun `media channel`
yang bertujuan untuk mengenalkan produk ke konsumen mulai dari kelebihan
produk kita, fitur serta berbagai informasi detail tentang produk.
2.
Marketing berperan untuk menghadapi persaingan bisnis. Tidak bisa
dipungkiri bahwa bisnis sangat dekat dengan persaingan. Persaingan
bisnis merupakan hal yang biasa menjadi ‘makanan’ sehari-hari para
pemasar. Strategi marketing seperti strategi harga, strategi produk
serta promosi akan menjadi senjata ampuh untuk memenangkan persaingan.
3.
`Marketing is a blood of company` atau darah perusahaan, tanpa strategi
marketing yang baik, strategi penjualan akan sulit mencapai hasil yang
maksimal. `Cashflow` tidak akan tercipta tanpa dukungan strategi
pemasaran yang baik.
4. Salah
satu tujuan penting strategi marketing yang sangat penting adalah untuk
membangun merek kita. Merek dalam pengertian yang mendalam diartikan
lebih dari sebuah logo. Merek nantinya akan menjadi aset bisnis yang
sangat penting untuk memenangkan hati konsumen dan persaingan pasar.
Secara sederhana, konsumen akan lebih memilih merek produk yang sudah
diketahui atau dipercaya sebelumnya.
5.
Strategi marketing sangat dibutuhkan sebagai strategi untuk membangun
hubungan dengan konsumen, tidak hanya itu saja pebisnis bisa menerapkan
strategi `customer retention` sehingga konsumen menjadi loyal dan tidak
lari ke pesaing.
6.
Marketing berperan penting untuk mengetahui apa keinginan konsumen.
Salah satu ilmu dalam marketing yaitu riset pemasaran berperan untuk
mengetahui apa keinginan konsumen serta perilaku konsumen, sehingga
pebisnis bisa mengetahui apa keinginan pasar.
7.
Marketing berperan untuk melanjutkan inovasi produk kita. Pada dasarnya
marketing adalah garda depan dari bisnis kita yang melayani konsumen.
Marketing berperan untuk mendengar, melihat serta menganalisis kebutuhan
konsumen serta perubahan perilaku konsumen. Kemampuan ini sangat
penting untuk membuat inovasi dari produk kita agar produk kita
kedepannya bisa memenuhi kebutuhan konsumen.
8.
Strategi marketing berperan untuk menjaga pertumbuhan bisnis dalam
jangka panjang. Bisnis dalam jangka panjang akan sangat ditentukan oleh
kekuatan merek, kualitas produk, serta komunikasi pemasaran yang
berkelanjutan.
Dari
beberapa hal tentang pentingnya strategi marketing diatas maka dapat
disimpulkan bahwa marketing memiliki peranan sentral untuk mendukung
bisnis dan usaha kita tetap berkembang saat ini dan di masa mendatang.
Sudahkah kita memaksimalkan strategi marketing? Yuk untuk memaksimalkan Strategi Marketing kita baca ebook berikut http://yuk.bi/ta52c
Sumber : Portal Pengusaha
Sumber : Portal Pengusaha
No comments:
Post a Comment