Contoh Inspirasi - Tips Motivasi,Inspirasi,dan Pengembangan Diri

Tips Inspirasi Kehidupan Sehari - hari

Friday, December 01, 2017

Keutamaan Membaca Surat Yasin

Apakah Anda termasuk orang yang gemar membaca Surat Yasin? lalu hikmah apa saja yang terkandung di dalam Surat Yasin? 


Surat Yasin termasuk Surat Makiyyah terdiri dari 83 Ayat nomor urut 36 dalam Al-Quran. Banyak Faidah dalam Surat Yasin, sehingga banyak diantara umat muslim yang senantisa gemar dan mendawamkan membaca Surat Yasin yang Agung.

Berikut beberapa faidah dari Surat Yasin yang bisa kita jadikan Hikmah dan Pelajaran dalam hidup agar senantiasa istiqomah dalam kebenaran dan kebaikan: 

- Setiap bekas amalan yang pernah dilakukan akan dicatat 

dan Kami menuliskan apa yang telah mereka kerjakan
 


“(dan Kami menuliskan apa yang telah mereka kerjakan) dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan

Beberapa pendapat tentang makna "bekas - bekas yang mereka tinggalkan" adalah

- Bekas langkah kaki, pendapat ini dipilih oleh Mujahid, Qotadah dan Al Hasan

- Bekas langkah kaki menuju masjid untuk memunaikan shalat jumat, pendapat ini dipilih Anas Bin Malik

- Kebaikan dan Kejelekan yang yang diikuti, pendapat ini dipilih oleh Ibnu 'Abbas, Sa'id Bin Jubair, Al Faro', Ibnu Qutaibah, dan Az Zujaj

Artinya jika kebaikan yang kita lakukan diikuti oleh orang lain maka kita kaan mendapatkan pahala, sebaliknya keburukan yang kita lakukan dan orang lainpun melakukan keburukan yang kita lakukan maka kita pun akan mendapatkan dosa dari keburukan orang tersebut.


Sesungguhnya Kami menghidupkan orang-orang mati dan Kami menuliskan apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan. Dan segala sesuatu Kami kumpulkan dalam kitab Induk yang nyata (Lauh Mahfuzh).” (QS. Yasin: 12)

- Tangan dan Kaki akan Berbicara sebagai Saksi 


Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.” (QS. Yasin: 65)
Pada Hari Perhitungan, Mulut orang - orang kafir dan munafik akan Allah Kunci, sedangkan kaki dan tangan akan berbicara tentang apa yang diusahakannya atau dilakukannya pada saat hidup didunia

- Al-Quran Penuh Hikmah 


Demi Al Quran yang penuh hikmah, sesungguhnya kamu salah seorang dari rasul-rasul(Yang berada) diatas jalan yang lurus.” (QS. Yasin: 2-4)

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin menjelaskan lebih luas tentang makna Al-Hakim yaitu: 

- Al-Quran itu hakim yang mana segala perselisihan wajib dikembalikan kepada Al-Quran
- Al-Quran itu muhkin, yangmana Al-Quran itu Sempurna, Jujur dan Adil
- Al-Quran itu muhkam, yang mana Al-Quran tidak mungkin bertentangan ayat satu dengan ayat lainnya atau terjadi perselisihan
- Al-Quran itu mengandung Hikmah

- Penerima dan Penolak Kebenaran 

Ada golongan orang - orang yang menerima kebenaran namun ada pula golongan yang menolak kebenaran. Sebagaimana Tafsir di SuratYasin Ayat 5 sampai 11


(Sebagai wahyu) yang diturunkan oleh Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang. Agar kamu memberi peringatan kepada kaum yang bapak-bapak mereka belum pernah diberi peringatan, karena itu mereka lalai. Sesungguhnya telah pasti berlaku perkataan (ketentuan Allah) terhadap kebanyakan mereka, karena mereka tidak beriman. Sesungguhnya Kami telah memasang belenggu dileher mereka, lalu tangan mereka (diangkat) ke dagu, maka karena itu mereka tertengadah. Dan Kami adakan di hadapan mereka dinding dan di belakang mereka dinding (pula), dan Kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat melihat. Sama saja bagi mereka apakah kamu memberi peringatan kepada mereka ataukah kamu tidak memberi peringatan kepada mereka, mereka tidak akan beriman. Sesungguhnya kamu hanya memberi peringatan kepada orang-orang yang mau mengikuti peringatan dan yang takut kepada Tuhan Yang Maha Pemurah walaupun dia tidak melihatnya. Maka berilah mereka kabar gembira dengan ampunan dan pahala yang mulia.” (QS. Yasin: 5-11)

Disebutkan kendala golongan yang menolak kebenaran sehiangga mereka sulit untuk beriman:


  1. 1. Sesungguhnya Kami telah memasang belenggu dileher mereka, lalu tangan mereka (diangkat) ke dagu, maka karena itu mereka tertengadah.

  2. 2. Kami adakan di hadapan mereka dinding dan di belakang mereka dinding (pula), dan Kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat melihat.

Syaikh Abu Bakr Jabir Al-Jazairi menjelaskan bahwa maksud terbelenggu memiliki makna mereka tidak dapat melakukan kebaikan contohnya seperti berinfak karena tangan mereka terbelenggu dan tidak dapat meilihat kebenaran karena kepala mereka menengadah

Sedangkan yang maksud "ada dinding yang menghalangi mereka untuk beriman" adalah mereka tidak dapat keluar dari kekafiran karena penghalang tersebut

 - Tentang Hari Kebangkitan 

Dan ia membuat perumpamaan bagi Kami; dan dia lupa kepada kejadiannya; ia berkata: “Siapakah yang dapat menghidupkan tulang belulang, yang telah hancur luluh?” Katakanlah: “Ia akan dihidupkan oleh Rabb yang menciptakannya kali yang pertama. Dan Dia Maha Mengetahui tentang segala makhluk. Yaitu Rabb yang menjadikan untukmu api dari kayu yang hijau, maka tiba-tiba kamu nyalakan (api) dari kayu itu.” (QS. Yasin: 78-80)

Makna Penting Ayat Surat Yasin Ayat 78 - 80 adalah  Allah yang Maha Pencipta kelak akan membangkitkan Manusia pada Hari Akhir namun ada sebagian orang yang menapikan serta meragukan  tentang hari kebangkitan. Bukankah Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu? 


No comments:

Post a Comment