Contoh Inspirasi - Tips Motivasi,Inspirasi,dan Pengembangan Diri

Tips Inspirasi Kehidupan Sehari - hari

Wednesday, August 31, 2016

MEMAHAMI 4 P dengan PRAKTIS PRODUCT PRICE PLACE

PROMOTION 4 P adalah elemen TAKTIK dalam ilmu pemasaran, yaitu:
PRODUCT


Ciptakanlah produk yang ngangenin, yang memiliki cirikhas atau diferensiasi yang kuat. Pastikan produk kita tak mudah dibandingkan dengan lainnya, kecuali kita akan masuk ke ranah komoditas. 

Jawab dengan jujur, dari sudut pandang pembeli:

Apa kelebihan/beda produk kita dibandingkan pesaing?
Mengapa kita ‘harus’ membeli produk tersebut?
Apakah produk kita akan memberikan kepuasan kepada pelanggan?

Semua jawaban itu harus teruji di lapangan. Jika belum, maka kita harus menguji ulang.
PRICE

Strategi harga dasarnya dibagi 2:
1. Harga jual ke konsumen.
2. Harga jual ke distributor.

Konsumen menolak untuk membeli, belum tentu karena dia tak membutuhkan, bisa jadi karena mereka tak mau atau tak mampu membayarnya.

Jangan terburu menurunkan harga, bisa jadi juga target pasarnya yang salah.

Mancing kakap, ya di lautan, umpannya udang atau cumi. Mancing mujair, ya di kolam tawar, umpannya cacing. Beda target pasar, beda harga jual.

Produk yang tak laku (padahal bagus), dikemas lebih eksklusif, dinaikkan harganya, dipasarkan di tempat yang berbeda, malah laris manis. Itulah pemasaran.

Distributor bisa berarti reseller, dropshipper, affiliate, atau kepanjangan tangan kita untuk mendistribusikan dan atau menjual produk kita.

Jika INSENTIF yang diberikan kecil, produk belum populer, mereka pun enggan untuk menge-PUSH produk kita ke pelanggan.

Di situlah kita harus menyusun strategi harga yang menarik bagi semua jaringan distribusi namun tetap menguntungkan.

Biasanya porsi yang terbesar ada di bagian ujung tombak penjualan. Yang belakang bermain di volume penjualan. Nah, kita bahas sampai 'price' dulu ya, biar ga pusing, hehe..

Untuk part 2 akan dilanjut besok (insya Allah).. :) "Stay humble, keep trying, and keep learning guys..!"

Sumber Ilmu : @daniasetiabudi @laksitautamasuhud

No comments:

Post a Comment