Contoh Inspirasi - Tips Motivasi,Inspirasi,dan Pengembangan Diri

Tips Inspirasi Kehidupan Sehari - hari

Tuesday, August 30, 2016

Mengenal Lebih Dekat Apa itu Brand!

BRAND BRAND bukanlah Logo atau Nama. Brand juga bukan tagline atau produk. Bahkan tidak ada yang berani meng-claim punya definisi yang tepat tentang Brand.



Dari komen temen-temen, saya coba me-resume nya sebagai berikut.. Brand adalah sesuatu yang diingat..

Brand adalah gengsi..
Brand adalah emosi..
Brand adalah image..
Brand adalah persepsi yang menancap di benak customer..
Brand adalah Brain..
Brand itu nganu..
Brand adalah identitas..
Dan lain-lain..

Saya mencoba merangkum dan melihatnya dari persepsi PENGUSAHA dan bagaimana proses terbentuknya sebuah BRAND.. BRAND adalah IMAGE yang menancap di benak customer. Apa aja yang menancap di benak customer tersebut? 

VALUE
Yaitu nilai-nilai yang menempel pada sebuah produk atau layanan dari sebuah NAMA. 

TRUST
Seberapa percaya orang terhadap produk atau layanan dari sebuah NAMA. 

QUALITY
Di level berapa suatu produk atau layanan di mata konsumen.

SEGMEN
Di segmen mana umumnya produk atau layanan banyak dipakai.

CIRI KHAS
Apa ciri khas yang selalu menonjol dalam produk-produk atau layanan sebuah Brand.

ORISINALITAS
Pertanyaan mendasarnya adalah: Leader atau Follower? Pencipta trend setter atau sebaliknya, hanya tukang contek.

JAMINAN (Guarantee)
"Semua hal" yang dijamin oleh si Pemilik Brand. Bisa jadi secara Trend, jaminan kualitas, eksklusivitas, harga, ketersediaan, pembelian balik (buy back), after sales service, dll. Masih ada banyak hal yang bisa kita tancapkan di benak customer.. Sebagai contoh: Message, Statement (Peryataan), dll..

Pertanyaan mendasar dalam membentuk sebuah BRAND ada 2:

"WHO YOU ARE?" dan "LEADING IN WHAT?" Lalu, bagaimana proses terbentuknya sebuah BRAND?

1. PENGALAMAN LANGSUNG (Experiences). Pengalaman ini didapat setelah mencoba langsung. Apakah hanya produknya? Tidak! Termasuk di dalamnya: layanan, kemudahan, kebersihan, kerapihan, harga, promo, dan berbagai macam Value yang lain.

2. Story dan Testimoni. Alias pengalaman orang lain. Sehingga muncul jenis persepsi si "penangkap" cerita orang yang sudah punya pengalaman/mencoba sebuah brand.

3. PERSEPSI tanpa Pengalaman dan Cerita. Persepsi yang bisa kita bangun dengan Logo, Font, tempat, kemasan, foto, warna, dll. Okee... Sooo... Apa yang pengen DIBANGUN di Benak customer tentang BRAND Temen-Temen?? Kita diskusi dan belajar lagi yuuukk.. Silahkan komen.. 

Menjelaskan BRAND temen-temen atas 2 pertanyaan di atas:
1. Who you are?
2. Leading in what? Semoga bermanfaat.. 

If You hear, You'll forget..
If You see, You'll remember..
If You do, You'll Understand..

Sumber Ilmu : @daniasetiabudi @subiakto

No comments:

Post a Comment