Contoh Inspirasi - Tips Motivasi,Inspirasi,dan Pengembangan Diri

Tips Inspirasi Kehidupan Sehari - hari

Saturday, December 23, 2017

6 Amalan Sederhana Sehari Hari Pembuka Pintu - Pintu Rezeki

Sudah tahukah Anda amalan yang senantiasa menghantarkan Anda kepada kemudahan Rezeki yang Berkah Berlimpah?



Mengapa amalan sederhana sehari hari Pembuka pintu - pintu rezeki penting untuk Anda fahami dan amalkan? tentu dengan amalan yang berkah setiap rezeki yang kita dapatkan akan senantiasa membawa kepada kebaikan dalam aktifitas kehidupan yang kita jalani. Sederhanya sedikit tapi pas..pas butuh pas ada. biar sedikit tapi cukup dan hajat yang kita inginkan terpenuhi

Berikut 6 Amalan Rutin pembuka pintu - pintu rezeki yaitu :

1. Membaca Istigfar 

Sebagaimana Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman dalam Surat Nuh Ayat 10 - 12

Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12)

Adapun Bacaan istigfar yang paling sempurna adalah penghulu istighfar (sayyidul istighfar) sebagaimana yang terdapat dalam shohih Al Bukhari dari Syaddad bin Aus radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Penghulu istigfar adalah apabila engkau mengucapkan,

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ


“Allahumma anta robbi laa ilaha illa anta, kholaqtani wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. A’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbi, faghfirliy fainnahu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta”

[Ya Allah! Engkau adalah Rabbku, tidak ada Rabb yang berhak disembah kecuali Engkau. Engkaulah yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku dengan-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku, oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau].” (HR. Bukhari no. 6306) 

2. Menjalin Silaturahim

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

“Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturahim.” (HR. Bukhari no. 5985 dan Muslim no. 2557)

Makna hadist ini berdasarkan Imam Nawawi bahwasannya makna dilapangkan rezeki adalah diluaskan atau diperbanyak rezekinya. Juga bisa maksudnya adalah Allah berkahi rezekinya. (Syarh Shahih Muslim, 16: 104)

Ibnu Hajar dalam Al-Fath menjelaskan, “Silaturahmi dimaksudkan untuk kerabat, yaitu yang punya hubungan nasab, baik saling mewarisi ataukah tidak, begitu pula masih ada hubungan mahrom ataukah tidak.”

Dengan demikian makna silaturahim adalah menjalin hubungan dengan kerabat yang telah putus dan atau meneruskan yang sudah terjalin selama ini.

Sayangnya makna silaturahim masa kini salah arti yang semestinya menjalin kekerabatan dengan saudara yan punya hubungan nasab malah diartikan menjadi hungan dengan teman sejawat, rekan kantor, teman dulu waktu sekolah dan lain sebagai nya yang tidak ada hubungan nasab

3. Gemar Memberi Sedekah

Sebagaimana Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman 

"Katakanlah Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya). Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya."(QS. Saba’: 39)


4. Bertaqwa Kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman dalam Suart At - Talaq Ayat 2 - 3

"Apabila mereka telah mendekati akhir iddahnya, maka rujukilah mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil diantara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah diberi pelajaran dengan itu orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar (2) Dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap - tiap sesuatu (3)" 

5. Melakukan Haji dan Umrah 

Sebagaimana Hadist Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam diriwayatkan oleh Bukhari - Muslim sebagai berikut :

"Ibadah umrah ke ibadah umrah berikutnya adalah penggugur (dosa) di antara keduanya, dan haji yang mabrur tiada balasan (bagi pelakunya) melainkan surga" (HR Bukhari dan Muslim)

6. Merutinkan berdoa meminta rezeki 

Sebagaimana Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa setelah salam dalam Shalat Shubuh, beliau berdoa sebagai berikut :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا


Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

sebagaimana yang artinya : "Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik)." (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322 )


Demikianlah 6 Amalan Sederhana Sehari Hari Pembuka Pintu - Pintu Rezeki. Semoga senantiasa kita termasuk orang - orang yang istiqomah dalam menjalankan Amalan - amalan yang mendatangkan Rezeki secara berkah dan berlimpah


Sumber Inspirasi : Rumaysho 

No comments:

Post a Comment