Contoh Inspirasi - Tips Motivasi,Inspirasi,dan Pengembangan Diri

Tips Inspirasi Kehidupan Sehari - hari

Friday, May 15, 2015

5 Langkah Persiapkan Tabungan Pensiun Muda

tabungan-pensiun-amar-hamdani-blog


Mengutip Artikel dari Wollipop detik, bahwasannya pensiun muda bukan hal yang mustahil dilakukan. Dengan persiapan dana yang matang, Anda bisa menikmati hidup tanpa harus bekerja keras seperti sekarang bahkan di usia 40 tahunan. Tentunya Anda harus secara disiplin menerapkan gaya hidup hemat atau berinvestasi jika ingin memiliki cadangan tabungan yang lebih dari cukup saat sudah tak aktif bekerja.

Persiapan dana seperti ini pun bisa diterapkan bagi para wanita yang ingin berhenti berkarir untuk mengurus keluarga di kemudian hari. Tabungan tersebut bisa dipergunakan sebagai dana pendidikan anak atau kebutuhan rumah tangga lain. Inilah beberapa tips persiapkan uang demi ditabung untuk dana pensiun muda yang dikutip dari BBC:

1. ‎Rencanakan dengan Matang
‎Demi menyediakan dana yang lebih dari cukup untuk mendukung masa pensiun, rencana yang jelas sangat dibutuhkan. Helen Hogan, seorang penasihat investasi mengatakan kebanyakan orang tidak memikirkan dana pensiun sebelum mereka berumur 40 tahun.

Agar bisa pensiun dengan tenang tanpa harus banyak meminta dukungan finansial dari anak di kemudian hari, lakukanlah pengumpulan tabungan pensiun sedini mungkin. "Semakin awal Anda memulai (menabung), semakin baik, karena pengaruh dari bunga tabungan," ujar Helen.

2. Gaya Hidup Sederhana
Bagi Anda yang sudah berkomitmen untuk menyiapkan dana agar tenang di hari tua‎ harus mulai menghemat sekarang juga. Jika bisa tingkatkan pula penghasilannya. Kurangi dana berlebih untuk kebutuhan lifestyle kurang penting seperti kendaraan, rumah, dan liburan yang mewah. 

3. Lunasi Hutang
Melunasi hutang-hutang adalah salah satu langkah terpenting dalam ‎menyiapkan dana hari tua. Jika bisa, lunasi pula cicilan rumah. Executive director, Brett Evans mengatakan bahwa cicilan rumah memakan 30% dari tabungan pensiun. Ia pun mengungkap semakin cepat Anda membayar hutang properti, semakin banyak pula uang yang dapat terkumpul untuk tabungan masa tua. 

4. Saat Pensiun Nanti
Banyak orang yang sudah memutuskan untuk pensiun muda namun tidak sepenuhnya pasif bekerja. Sebagian masih memiliki usaha atau bekerja freelance yang lebih fleksibel dari sisi waktu. Hal ini nantinya bisa Anda lakukan untuk tambah-tambah penghasilan, terlebih bagi‎ Anda yang tidak tahan berdiam diri di rumah. 

Saat masa pensiun tiba‎ dan dana hari tua sudah terkumpul, Anda pun harus tetap berhemat. Helen Hogan mengatakan bahwa terkadang para kakek nenek sering kali memanjakan anak dan cucu mereka dengan barang atau jasa yang didanai oleh uang pensiun. Untuk itu, ingatlah untuk memberi secukupnya. "Aku sering berkata pada klien, Anda harus berhenti memberi uang pada anak, karena Anda tidak mampu," tegas penasihat investasi itu.

5. Siapkan Mental
Banyak orang yang malah mengalami stress bahkan depresi setelah masa pensiun tiba. ‎Kebanyakan hal tersebut disebabkan karena mereka merasa tak lagi berguna atau kaget karena mendadak tak lagi sibuk. Untuk itu, pikirkan kembali apa Anda siap untuk segera meninggalkan karir. Helen Hogan menyarankan agar terlebih dahulu pikirkan apa yang akan dilakukan saat masa pensiun nantinya sebelum ambil keputusan.

Sumber Artikel : wolipop detik

No comments:

Post a Comment