Contoh Inspirasi - Tips Motivasi,Inspirasi,dan Pengembangan Diri

Tips Inspirasi Kehidupan Sehari - hari

Wednesday, December 10, 2014

Inilah Tipe Bisnis E-Commerce yang Perlu Kamu Tahu


Bagi kamu yang baru menggeluti bisnis di dunia online, pemahaman terkait konsep e-commerce cukup penting untuk memastikan dasar dan tujuan bisnismu. Berikut ini terdapat dua parameter dalam pengklasifikasian bisnis e-commerce, yaitu berdasarkan jenis barang yang dijual dan sifat pelanggan.

Klasifikasi Berdasarkan Jenis Barang yang Dijual
  • Barang fisik, misalnya buku, gadget, furnitur, peralatan/perlengkapan, dll
  • Barang digital, misalnya software, e-books, musik, teks/tulisan, gambar, video,dll
  • Jasa, misalnya tiket, asuransi, dll
Alasan dibalik pengklasifikasian ini adalah untuk memberikan wawasan pada kamu mengenai analisis model bisnis dan model keuangan bisnis. Misalnya, penjualan barang fisik tidak semudah penjualan barang digital karena terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan salah satunya terkait  keadaan fisik barang harus baik. Lain halnya saat kamu menjual tiket, ada banyak parameter yang perlu dievaluasi, misalnya jika kamu menjual tiket pesawat maka harus memperhatikan ketersediaan tiket, lokasi tempat duduk, preferensi makanan, proses pengembalian tiket, dll.

Klasifikasi Bisnis E-Commerce Berdasarkan Sifat Pelanggan
Dua hal yang paling umum dalam e-commerce adalah bisnis dan konsumen. Berdasarkan hal tersebut maka dibagi menjadi empat kategori, antara lain:
  • Business to Business Ecommerce (B2B Ecommerce)
Merupakan sistem komunikasi antar pelaku bisnis atau transaksi secara elektronik antar perusahaan yang dilakukan secara rutin dengan kapasitas/jumlah produk yang besar. Bisnis B2B lebih mementingkan kualitas barang/jasa yang ditawarkan, sehingga loyalitas pelanggan akan meningkat dan tercipta hubungan kerjasama yang berkelanjutan.
  • Business to Consumer Ecommerce (B2C Ecommerce)
Merupakan sistem komunikasi bisnis antara pelaku bisnis dengan konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu. Hal ini juga lah yang menyebabkan beberapa pelaku bisnis lebih memilih e-commerce dibanding membangun toko. Namun, akan ada beberapa hal yang akan menghambat pertumbuhan B2C Ecommerce, salah satunya biaya logistik.
  • Consumer to Business Ecommerce (C2B)
Individu menjual produk atau jasa kepada organisasi/perusahaan dimana individulah yang mencari penjual dan melakukan transaksi.
  • Consumer to Consumer Ecommerce (C2C)
Merupakan sistem komunikasi dan transaksi bisnis antar konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu.
Karyawan dapat dianggap sebagai konsumen dengan tipe yang khusus, yaitu Business to Employee e-commerce (B2E). Ada juga e-commerce yang berbasis pemerintahan antara lain, Business to Government (B2G), Government to Business (G2B), Government to Employee (G2E), Government to Government (G2G), Government to Citizen (G2C), Citizen to Government (C2G).
Sampai saat ini belum ada dasar yang jelas mengenai tipe bisnis e-commerce.  Namun, pengklasifikasian yang kita bicarakan tadi dapat dijadikan dasar untuk membandingkan seluruh bisnis e-commerce. Oleh sebab, itu ada baiknya jika kamu memahami model bisnis lainnya agar semakin mudah dalam mengembangkan bisnis online.

Sumber : jejualan.com

No comments:

Post a Comment