Contoh Inspirasi - Tips Motivasi,Inspirasi,dan Pengembangan Diri

Tips Inspirasi Kehidupan Sehari - hari

Thursday, April 23, 2015

Pentingnya Web di Era Digital


gambar-web-presence-amarhamdani-blog


Beberapa Hal Yang Harus Anda Ketahui Untuk Memiliki Web Presence yang Baik

Apakah Anda seorang pengusaha ataupun seorang profesional yang sedang mencari pilihan karier lainnya, sangatlah penting bagi Anda untuk memiliki sebuah web presence, khusunya bai Anda yang bergerak di bidang jasa atau mereka yang bekerja memberikan layanan kepada publik.

Sebagai seorang profesional tentu saja Anda memiliki personal brand. dan membangun sebuah web presence adalah sebuah cara yang tepat untuk memasarkan brand tersebut. Di era digital ini tanpa web presence rasanya hampir mustahil bagi Anda untuk menciptakan sebuah personal brand. Sebaliknya jika anda memiliki web presence yang negatif maka bisa dipastikan reputasi dan personal brand Anda akan memiliki citra yang negatif juga.

Apa yang Anda ingin tunjukan kepada calon bos, manager, customer atau kerabat Anda ketika mereka mencari Anda secara online? Tentu saja sebuah representasi yang akurat mengenai siapa diri Anda melalui personal brand yang Anda miliki. Meskipun membangun sebuah web presence membutuhkan waktu, namun hal ini tidaklah sulit untuk dilakukan. Berikut beberapa cara untuk Anda memulai membangun web presence.

Social Media

Pew Research Center belum lama ini merilis sebuah laporan yang menyatakan 52% orang dewasa memiliki dua atau lebih sosial media .Mayoritas pengguna web memiliki lebih dari satu sosial media presences. Apakah Anda memiliki sosial media presence? Jika tidak, pastikan Anda memulainya dengan citra yang positif di platform sosial media populer seperti Facebook,Twitter, Instagram dan Pinterest. Dan jika saat ini Anda sudah memilikinya, pastikan kehadiran Anda membawa dampak positif, hal ini sangat berpengaruh terhadap representasi personal brand Anda sendiri. Ada aturan emas yang patut Anda ingat di sosial media: "Jika Anda sampai berpikir dua kali untuk memposting sesuatu, maka lebih baik Anda tidak memposting hal tersebut sama sekali".

Buat Profile Linkedin

Meskipun beberapa orang menganggap Linkedin sebagai sebuah social network, rasanya lebih tepat menggolongkan situs ini sebagai professional network .Pasalnya Linkedin memiliki lebih dari 332 juta pengguna diseluruh dunia yang menggunakannya sebagai media networking dan job hunting. Luangkanlah waktu Anda untuk membuat profil Linkedin dan pastikan Anda menyertakan informasi kontak yang akurat, pengalaman terbaru Anda dan daftar dari skill serta pencapaian yang Anda miliki. Linkedin bukanlah Facebook atau Twitter, oleh karena itu hindarilah memajang foto-foto keluarga atau hal-hal lainnya yang terlalu personal.

Bangun Website Anda Sendiri

Meskipun profesional dan sosial media network merupakan cara yang tepat untuk membangun networking, namun situs-situs tersebut biasanya tidak memberikan kendali penuh bagi Anda untuk bereksperimen dalam membentuk personal brand. Membuat website Anda sendiri adalah cara terbaik untuk menunjukan personal brand Anda dengan leluasa dan kelebihannya Anda memiliki kontrol penuh dalam melakukannya. Gunakanlah situs pribadi Anda untuk mendeskripskan tentang diri Anda, hobi Anda, pencapaian dan portofolio Anda. Anda tidak harus menjadi seorang web designer untuk membuat situs pribadi Anda, saat ini Anda dapat membangun sebuah situs dengan sangat cepat tanpa harus melakukan coding sedikitpun dengan menggunakan bantuan dari situs-situs seperti Squarespace atau Weebly.

Miliki Blog Pribadi

Jika Anda memiliki sebuah passion akan suatu hal, memulai sebuah blog adalah cara yang tepat bagi Anda untuk membagikan passion Anda kepada dunia. Anda dapat menuli sblog tentang apa saja sesuai interest yang Anda miliki (bisnis, kesehatan, makanan, dll), tapi pastikan Anda memilih subjek blog yang Anda kuasai. Cobalah untuk membuat sebuah topik atau tema dari blog Anda dan secara konsisten bahas subjek-subjek dari topik tersebut. Saat ini ada banyak situs free blogging yang tersedia yang dapat Anda gunakan untuk membuat blog Anda dalam hitungan menit seperti Tumblr, Wordpress, blogspot dan masih banyak lagi.

Berkontribusi di Blog Lain

Membuat sebuah  blog  sangatlah mudah, namun membangun audience dari blog tersebut tidaklah mudah. Itulah mengapa Anda harus mengunjungi blog-blog lain yang sudah memiliki audience untuk melakukan Guest blogging. Guest blogging adalah aktivitas ketika blog-blog lain mempublikasikan postingan Anda sehingga mereka tidak perlu datang dengan konten dan Anda menginzinkan mereka untuk mempublikasikan postingan Anda agar konten tersebut dilihat oleh banyak orang.

Engage Online

Tidak hanya sekadar membagikan konten melalui sosial media dan blog, Anda juga harus aktiif berpartisipasi dengan audiences/followes/friends Anda. Hal ini termasuk merespon komen-komen pada postingan blog dan sosial media, menyapa followers, following back serta berbagi konten. Dengan melakukan hal-hal yang disebutkan tadi tentu akan membatu Anda membangun pengaruh, kredibilitas dalam membangun sebuah hubungan digital. Tidak mengikut sertakan audiences adalah kesalahan paling fatal dalam membangun sebuah web presence.

Sumber Artikel : Malezones

No comments:

Post a Comment