Contoh Inspirasi - Tips Motivasi,Inspirasi,dan Pengembangan Diri

Tips Inspirasi Kehidupan Sehari - hari

Thursday, April 30, 2015

Sudah Pede dengan Hasil Presentasi Anda Saat Ini ?

slide-presentasi-amar-hamdani-blog

Mengutip Artikel dari Laruno tentang Bicara soal Public speaking atau bicara di depan publik, mungkin anda menganggap itu adalah hal yang menakutkan, saat anda presentasi hal fatal-nya adalah anda terlalu  nervous dan  banyak menggunakan kata “Umm,,hmm” dalam presentasi anda,  tapi anda tidak tahu bagaimana untuk memperbaikinya dan memaksimalkan presentasi anda.
Setidak nya laruno merangkum ada 5 tips di bawah ini yang bisa memaksimalkan hasil presentasi anda, yaitu:
1. Menjadi antusias dan ingat audience anda!
Buatlah presentasi anda lebih antusias, bayangkan bahwa perusahaan anda adalah anak anda, maka anda akan senang sekali untuk menceritakan tentang mereka, beritau audience tentang kelebihan bisnis, ide, atau topik di point of view, pertimbangkan sejenak tentang apa yang audience ketahui dan apa yang mereka tidak ketahui, jawablah pada diri anda maka anda akan berkesempatan lebih baik untuk menjaga perhatian para audience.
2. Buat sesingkat dan semudah mungkin
Coba anda kembali kemasa anda sekolah atau kuliah, coba perhatikan guru atau dosen anda saat menjelaskan materi yang diberikan kepada anda, mereka adalah contoh orang yang membuat hal yang rumit menjadi hal yang terlihat simpel. Buatlah presentasi sesimpel mungkin sehingga audience anda mudah untuk mengerti apa yang anda sampaikan, dan ingat bahwa tidak ada yang pernah komplain dengan presentasi yang singkat.
3. Santai
Terkadang pada saat kita presentasi dan kita nervous, kemungkinan kita akan berbicara lebih cepat dari normalnya. Sehingga kita harus mempelajari dan membaca topik yang akan kita bahas sebelum presentasi, agar kita menguasai materinya dan mengurangi tingkat nervous. Ada alasan lain kenapa kita terlalu cepat dalam penyampaian materi, hal ini dapat disebabkan karena terlalu banyak materi, pastikan anda sudah memperbaiki slide presentasi, karena terlalu banyak materi akan membuat presentasi anda membosankan dan para audience 90% akan lupa dengan apa yang anda sampaikan.
4. Jeda
Pada saat anda memulai presentasi, biasanya anda akan memulainya dengan sebuah pertanyaan bukan? Tapi kadang anda tidak memberikan kesempatan untuk audience anda berfikir menemukan jawaban, padahal tujuan utama anda adalah untuk membuat para audience anda berfikir, jeda waktu 4-5 detik memang tidak akan cukup untuk mendapatkan opini dari audience anda, tapi itu cukup memberikan mereka kesempatan untuk berfikir menjawab pertanyaan anda, dengan begitu anda sudah mengajak mereka untuk menjadi bagian dari prsentasi anda.
5. Natural
Berbicara di hadapan tiga atau empat orang memang akan berbeda pada saat anda bicara di hadapan 10 orang atau lebih, tentunya anda akan lebih nervous atau tegang lagi bukan? Tahap disinilah anda harus bersikap natural, kuncinya adalah anda jangan berbicara kepada seluruh audience anda, tapi salah satu dari mereka, ajaklah salah satu dari audience anda yang terlihat ramah atau orang yang memang tidak memperhatikan anda saat membuat poin penting dalam presentasi anda, ini akan membantu anda melupakan bahwa anda berbicara di ruangan yang penuh dengan orang banyak, jadi lebih relax karena merasa sedang berbicara secara individual terlihat lebih santai dan natural, hal ini juga akan membuat audience lebih komunikatif dengan anda.
Untuk sahabat yang ingin lebih menguasai presentasi yang baik dan benar bisa belajar bareng Pakar Slide Presentasi bareng Pak Dhony Firmansyah. bersama beliau sahabat dapat menyerap Ilmu secara penuh tentang Bagaimana membuat presentasi yang Wow dan Wakwaw..
Sumber : Laruno

No comments:

Post a Comment